Anda penggemar bunga mawar?Tentunya setiap bulan anda harus mengeluarkan biaya untuk merawat bunga mawar tersebut agar tumbuh subur. Jika tidak mau keluar biaya terlalu banyak, coba saja tips menyuburkan bunga mawar berikut:


Siapkan beberapa batang kayu, kemudian bakar hingga menjadi abu. Kemudian taburkan abu tersebut secukupnya pada akar bunga mawar. Lakukanlah rutin seminggu sekali. Insyaallah hasilnya bunga mawar dirumah anda akan tumbuh subur, murah dan mudah bukan? dan silahkan mencoba.
Bunga Mawar, Kebun Bunga Mawar, Cara Menanam Bunga Mawar, Cara Menyuburkan Bunga Mawar,
Bunga Mawar yang subur, dengan warna terang menyala, banyak tunas bunga dan terlihat segar
Bunga Mawar yang subur, dengan warna terang menyala, banyak tunas bunga dan terlihat segar

Cara menanam bunga mawar yang benar:

Tips atau cara menanam bunga mawar ini kami dapat dari beberapa tips menanam bunga mawar yang ada di Internet, antara lain di situs www.tipspetani.blogspot.com. Proses penanaman dalam budidaya bunga mawar merupakan hal penting pertama yang harus diperhatikan. Hal ini bertujuan agar bunga mawar yang kita tanam nantinya dapat tumbuh dengan sehat. Berikut beberapa Cara Penenaman Bunga Mawar:

a. Penentuan Pola Tanam Bunga Mawar

Pola tanam bunga mawar berjarak 60-60 cm atau 70-70 cm, tergantung jenis mawar dan kesuburan tanahnya.

b. Pembuatan Lubang untuk Tanam Bunga Mawar

Untuk membuat lubang diperlukan sekop melengkung supaya diperoleh lubang berbentuk silindris. Ukuran lubang 45-45-45 cm. Kedalaman yang baik yaitu bila tanaman diletakkan dalam lubang, kedudukan bagian percabangan utama (bud union) letaknya sejajar dengan permukaan tanah. Akar mawar tidak dapat menembus tanah terlalu dalam, maka tidak perlu mencangkul tanah terlalu dalam, cukup 45-55 cm.
Bunga Mawar, Kebun Bunga Mawar, Cara Menanam Bunga Mawar, Cara Menyuburkan Bunga Mawar,
Bunga Mawar yang subur, dengan warna terang menyala, banyak tunas bunga dan terlihat segar
Bunga Mawar yang subur, dengan warna terang menyala, banyak tunas bunga dan terlihat segar

Pada saat membuat lubang, tanah di permukaan (top soil), sub-soil dikumpulkan terpisah, karena akan digunakan untuk menutup lubang kembali. Bila daerah itu tertutup rumput, harus diambil dalam bentuk lempengan-lempengan dan diletakkan di tempat teduh, untuk digunakan sebagai pupuk, dengan memasukkannya ke dalam lubang. Lempengan rumput diletakkan terbalik. Top soil dicampur dengan bahan organik (seperti kompos, pupuk hijau, pupuk kandang dan sebagainya) perbandingan 4 bagian tanah dan 1 bagian bahan organik. Lubang ditimbuni sub-soil dicampur dengan bahan organik (dalam jumlah lebih banyak dari pada campuran untuk top soil) dan super fosfat (dapat juga dipakai tepung tulang) 20%. Jumlah super fosfat 1,5-2 kg per 10 m2 tanah, tepung tulang 1,5-3 kg per 10 m2. Lubang diisi top soil dan bahan organik sampai membentuk gundukan.

c. Cara Penanaman Bunga Mawar

Waktu tanam mawar adalah pada awal musim hujan (bila keadaan airnya memadai dapat dilakukan sepanjang musim/tahun. Tanaman mawar yang ditanam berupa bibit cabutan (tanpa tanah), dan bibit yang berasal dari polybag.

Cara penanaman bibit mawar cabutan :

Bunga Mawar yang subur, dengan warna terang menyala, banyak tunas bunga dan terlihat segar
Bunga Mawar yang subur, dengan warna terang menyala, banyak tunas bunga dan terlihat segar

  1. Bongkar bibit tanaman mawar dari kebun pembibitan secara cabutan.
  2. Potong sebagian batang dan cabang-cabangnya, sisakan 20-25 cm agar habitus tanaman menjadi perdu (pendek).
  3. Potong sebagian akar-akarnya dengan gunting pangkas tajam dan steril.
  4. Rendam bibit mawar dalam air atu larutan Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) seperti Dekamon 1-2 cc/liter selama 15-30 menit.
  5. Tanam bibit mawar di tengah-tengah lubang tanam dan akarnya diatur menyebar ke semua arah. Timbun (urug) dengan tanah hingga batas pangkal leher batang.
  6. Padatkan tanah di sekeliling batang tanaman mawar pelan-pelan agar akarakarnya dapat kontak langsung dengan air tanah.
  7. Siram tanah di sekeliling perakaran tanaman hingga basah.
  8. Pasang naungan sementara dari anyaman bambu/bahan lain untuk melindugi tanaman mawar dari teriknya sinar matahari sore hari.



Cara penanaman bibit mawar dari Polybag:

Penanaman bibit mawar dari polybag berbeda dengan penanaman bibit mawar cabutan. Bibit mawar dari polybag dipindahtanamkan secara lengkap bersama tanah dan akar-akarnya.

  1. Siram media dalam polybag yang berisi bibit mawar hingga cukup basah.
  2. Angkat polybag kemudian balikkan posisinya sambil ditekuk-tekuk bagian dasarnya agar bibit mawar bersama tanah dan akar-akarnya terlepas (keluar) dari polybag. Bila polybag berukuran besar, maka pengeluaran bibit mawar dapat dengan cara menyobek atau menyayat polybag tersebut.
  3. Tanamkan bibit mawar ke dalam lubang tanam yang telah disiapkan jauh hari sebelumnya. Letak bibit mawar tepat di tengah-tengah lubang tanam, kemudian urug dengan tanah sampai penuh sambil dipadatkan pelan-pelan
  4. Siram tanah di sekeliling perakaran tanaman mawar hingga cukup basah. Bibit mawar akan langsung segar dan tumbuh tanpa melalui pelayuan atau istirahat dulu.


Cara  menanam bunga mawar dalam Pot:

Sediakan bibit stek yang akan ditanam dalam pot. Usahakan mengambil pada bagian tengah namun tidak jauh dari pangkalnya. Jangan menanam bagian yang masih muda atau ujungya, karena bagian ujung tanaman mawar ini, tidak mampu beradaptasi baik dengan lingkungannya karena jaringan tanamannya masih muda. Menanam bagian ujung, biasanya jarang berhasil.
Bunga Mawar, Kebun Bunga Mawar, Cara Menanam Bunga Mawar, Cara Menyuburkan Bunga Mawar,
Bibit stek, ambil pada bagian tengah tetapi tidak jauh dari pangkalnya
Bibit stek, ambil pada bagian tengah tetapi tidak jauh dari pangkalnya

  1. Campurkan bahan (tanah, pupuk kandang, pasir). Masing masing perbandingannya yakni 1:1:1/4. Artinya jika kita membuat tanah 1 ember, maka pupuk kandang juga 1 ember, diikuti dengan pasir 1/4 ember. Campur/aduk hingga merata. Jenis tanah yang digunakan, pilih tanah yang  hitam, atau bekas pembakaran. Tanah hitam diambil pada bagian atasnya ataa top-soilnya. 
  2. Setelah itu, masukkan tanah yang telah dicampur tersebut kedalam pot, besarnya ukuran pot tergantung selera. Pot dapat terbuat dari bahan keramik, semen, liat, atau plastik.
  3. Masukkan, potongan batang mawar. Tancapkan ke pot yang telah berisi tanah. 
  4. Setelah itu, siram sedikit dengan air. Simpan pada tempat yang sejuk dan tidak terkena langsung oelh sinar matahari. Usahakan menyimpan pada tempat yang agak gelap agar  pertumbuhan tunas dari mata tunas batang mawar terangsang dan perakarannya juga serta akan mengikuti. 
  5. Jika telah tumbuh tunas, pindahkan ketempat yang terang agar mendapat sinar matahari untuk memulai proses fotosintesis.
  6. Siram tanaman pada pagi atau sore hari dengan teratur pada 1-2 bulan setelah penanaman dilakukan. 
  7. Jangan lupa memberikan pupuk kandang atau pupuk buatan yang memang khusus disediakan untuk penanaman bunga mawar. Pemberian pupuk dilakukan dengan membenamkan pupuk kedala tanah dalam pinggiran pot.